Minggu, 02 Oktober 2011

Ilmu Sosial Dasar (ISD)


ILMU SOSIAL DASAR ( ISD )
Pengertian ILMU SOSIAL DASAR (ISD)
            Dalam kehidupan tentunya terdapat berbagai macam tantangan, persoalan, dan masalah. Untuk menjawab berbagai macam problema tersebut lahirlah berbagai cabang ilmu pengetahuan.
Bedasarkan ilmu filsafat ilmu pengetahuan dapat dikelompokkan menjadi tiga (3) :

  • Natural Sciences (Ilmu-ilmu Alamiah) meliputi, Fisika, Kimia, Astronomi, Biologi, dan lain-lain.
  • Social Sciences (Ilmu-ilmu Sosial) terdiri dari, Sosiologi, Ekonomi, Politik Antropologi, Sejarah, Psikologi, Geografi, dan lain-lain.
  • Humanities (Ilmu-ilmu Budaya) meliputi, Bahasa, Agama, Kesusastraan, Kesenian, dan lain-lain.
Dengan mengikuti pembagian ilmu pengetahuan tersebut, maka Ilmu Sosial Dasar adalah suatu pengetahuan yang dikembangkan sebagai usaha pendidikan.
            Ilmu Sosial Dasar adalah pengetahuan yang menelaah masalah-masalah social, khususnya seperti masyarakat Indonesia yang mewujudkannya dengan menggunakan pengertian-pengertian (fakta, konsep, teori) yang berasal dari berbagai bidang pengetahuan keahlian dalam lapangan ilmu-ilmu social.

 Tujuan Ilmu Sosial Dasar.
Ilmu Sosial Dasar mempunyai tujuan, yaitu :
  • Memahami dan menyadari adanya kenyataan-kenyataan social dan masalah-masalah social yang ada dalam masyarakat.
  • Peka terhadap masalah-masalah social dan tanggap untuk ikut serta dalam usaha-usaha menanggulanginya.
  • Menyadari bahwa setiap masalah social yang timbul dalam masyarakat selalu bersifat kompleks dan hanya dapat mendekati dan mempelajarinya secara kritis-interdisipliner.
  • Memahami jalan pikiran para ahli dari bidang ilmu pengetahuan lain dan dapat berkomunikasi dengan mereka dalam rangka penanggulangan masalah social yang timbul dalam masyarakat.

Ruang Lingkup Ilmu Sosial Dasar.
            Untuk menelaah masalah-masalah social, hendaknya terlebih dahulu kita dapat mengidentifikasi kenyataan-kenyataan social dan memahami sejumlah konsep social tertentu. Sehingga dengan demikian bahan Ilmu Sosial Dasar dapat dibedakan menjadi 3 golongan, yaitu :
  1. Kenyataan-kenyataan social dalam masyarakat, yang secara bersama-sama merupakan masalah social tertentu.
  2. Konsep-konsep social atau pengertian-pengertian tentang kenyataan-kenyataan social dibatasi pada konsep dasar atau elemnter saja yang sangat diperlukan untuk memperlajari masalah-masalah social.
  3. Masalah-masalah social yang timbul dalam masyarakat, biasanya terlibat dalam berbagai kenyataan-kenyataan yang antara satu dengan lainnya saling berkaitan.

Alasan.
            Dalam kehidupan bermasyarakat tentu terdapat berbagai macam masalah-masalah, untuk menangulangi dan menyelesaikan masalah-masalah social tersebut, terlebih dahulu kita mengidentifikasi kenyataan-kenyataan social tersebut dan memahami konsep-konsep sosialnya. Untuk itu penting sekali dalam mempelajari Ilmu Sosial Dasar jika terjadi berbagai masalah-masalah social.

refrensi : MKDU Ilmu Sosial Dasar, Harwantiyoko dan Neltje F. Katuuk


Tidak ada komentar:

Posting Komentar